Rabu, 10 Oktober 2012

Janji Tae Kwon Do Indonesia

1. Menjunjung tinggi nama bangsa dan negara Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
2.Mentaati azas-azas Tae Kwon Do Indonesia.
3.Menghormati pengurus,pelatih,dan sesama Tae Kwon Doin dalam mengembangkan Tae Kwon Do Indonesia.
4.Selaku berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam menjaga nama baik Tae Kwon Do Indonesia.
5.Menjadi pembela keadilan dan kebenaran.

TATA TERTIB BERLATIH

TAEKWONDO INDONESIA

 
1.     Bila anda memasuki Do jang, berikanlah hormat kepada :
a.     Lambang Taekwondo Indonesia/Do jang tempat anda akan berlatih.
b.     Instruksi / Pelatih.
c.     Senior / sesama Taekwondo.
Demikian hendaknya pada saat hendak meninggalkan Do jang.
2.  Bilamana anda hendak berlatih, masuklah Do jang dan duduk/bersikap dengan sopan sampai pelatih datang. Jangan meninggalkamn Do jang tanpa seijin pelatih.
3.     Jangan mengenakan sepatu, merokok, mengunyah makanan/permen, tertawa keras, dan berkata-kata kotor di dalam Do jang.
4.     Pada saat berlatih, kenakanlah Do Bok yang bersih dan janganlah mengenakan perhiasan seperti, arloji, kalung, gelang dan cincin.
5.     Bilamana anda bermaksud menemui pelatih, hormatlah terlebih dahulu kemudian sampaikanlah maksud anda dengan sopan dan berikanlah hormat setelah keperluan anda selesai.
6.     Bilamana anada menemui kesulitan di dalam berlatih dan anda memerlukan bimbingan dari pelatih, sampaikanlah kesulitan anda dengan sopan, sederhana dan jelas. Jangan menyuruh pelatih anda untuk mendemontrasikan atau melakukan suatu hal, tetapi cukup jelaskan bahwa anda tidak mengerti akan suatu hal dan percayakanlah pelatih anda akan memberikan bimbingan yang baik dan benar.
7.     Seluruh Taekwondo harus patuh dan hormat kepada pelatih. Taekwondo senior harus memberikan contoh yang baik kepada Taekwondo yang lebih yunior.
8.     Janganlah mendemonstrasikan atau mengajarkan Taekwondo diluar Do jang tanpa sepengetahuan atau seijin pelatih anda. Jangan mencemarkan nama baik Taekwondo, pengurus, pelatih, dan almamater dimana anda berlatih Taekwondo.
9.     Untuk mengikuti kejuaraan ataupun aktivitas Taekwondo maupun seni bela diri lain, anda harus mendapatkan ijin dari pelatih anda.
10.  Anda harus bersikap jujur.

sumber :  http://www.vip.freewebspace.com/janjitkd.htm

Tidak ada komentar: